- See more at: http://www.bengkelblogger.net/2014/11/efek-zoom-gambar-pada-posting-blogspot.html#sthash.mSqzZPhs.dpuf

Selasa, 06 Januari 2015

Cara Menampilkan Widget Bawaan Blogger


Kerupuk SeuhahSesuai janji kemarin setelah saya posting cara Hapus widget Lintasme Dan AddThis… sekarang seperti biasa sambil ngemil Kerupuk seuhah akan berbagi lagi tentang Cara Menampilkan Widget Bawaan Blogger sebagaimana yang saya lakukan di Blog ini.

Ingat bahwa pada template gratis hasil download biasanya tombol berbagi ini tidak ditampilkan, atau sengaja di hapus, karenanya kita harus melakukan beberapa langkah untuk menampilkan kembali share buttons bawaan blogger tersebut. dan inilah :

Cara Menampilkan Widget Bawaan Blogger :

  1. Masuk dulu ke Blogger.com
  2. Klik More Option lalu pilih Tata letak atau Layout
  3. Klik pada Edit dibagian bawah posting blog.
  4. Beri centang pada Tampilkan Tombol Berbagi, lalu klik Simpan

Setelh itu silahkan Refresh atau restart blog anda dan lihat apakah widget sudah muncul . Jika masih belum tampil, coba ulangi dan lakukan langkah berikut ini :

  1. Masuk lagi ke Blogger.com
  2. Klik More Option lalu pilih Template.
  3. Selanjutnya, klik Edit HTML.
  4. Cari kode <data:post.body/>, jika ada dua pilih yang kedua, (di blog ini ada disekitar baris 885) kemudian letakkan kode berikut di bawahnya :

    <div class='post-share-buttons'>
    <b:include data='post' name='shareButtons'/>
    </div>

  5. Atau bisa juga diletakkan dibawah kode <div class='post-footer-line post-footer-line-1'/>, terserah mau dimana.

  6. Simpan Template, dan cek blog sobat.
  7. Kalau mau ditambah dengan widget Like Face Book di sebelahnya seperti pada blog ini,  tambahkan saja dibawahnya
  8. Kode tersebut jadinya akan seperti ini ( yg warna merah adalah kode Like Face book)

    <div class='post-share-buttons'>
    <b:include data='post' name='shareButtons'/>
    </div>

    <!--Tombol Like Fb begin -->
    <td>
    <iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;send=false&amp;layout=button_count&amp;show_faces=false&amp;width=90&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&amp;height=21&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:90px; height:21px;'/>
    </td>
    <!--Tombol Like Fb end -->

  9. Tampilannya nanti akan seperti ini

Jika share buttons bawaan blogger tersebut masih belum muncul, coba  lanjutkan lagi ke langkah berikut :

  1. Coba cari kode dibawah ini :

    <b:includable id='shareButtons' var='post'>
    kode…bla,, bla,, bla,,,
    </b:includable>

  2. Setelah ditemukan ganti dengan yang ini :

    <b:includable id='shareButtons' var='post'>
      <b:if cond='data:top.showEmailButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-email' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=email&quot;' expr:title='data:top.emailThisMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.emailThisMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showBlogThisButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-blog' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=blog&quot;' expr:onclick='&quot;window.open(this.href, \&quot;_blank\&quot;, \&quot;height=270,width=475\&quot;); return false;&quot;' expr:title='data:top.blogThisMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.blogThisMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showTwitterButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-twitter' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=twitter&quot;' expr:title='data:top.shareToTwitterMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.shareToTwitterMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showFacebookButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-facebook' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=facebook&quot;' expr:onclick='&quot;window.open(this.href, \&quot;_blank\&quot;, \&quot;height=430,width=640\&quot;); return false;&quot;' expr:title='data:top.shareToFacebookMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.shareToFacebookMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showOrkutButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-orkut' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=orkut&quot;' expr:title='data:top.shareToOrkutMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.shareToOrkutMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showDummy'><div class='goog-inline-block dummy-container'><data:post.dummyTag/></div></b:if>
    </b:includable>

  3. Jika sudah jangan lupa simpan template, dan lihat hasilnya.

    Kalau dengan cara-cara diatas masih belum mau tampil juga. Coba anda ngemil Kerupuk Seuhah dulu biar pikiran jadi fresh lagi, lalu berdoa untuk kemunculannya..  kalau tetep gak mau juga.. waaah…  itumah templatenya bener2 ngajak perang.. ganti saja ngapain dipake.. toh masih banyak theme lain yang lebih ok.. setujuu ??... hehe..

Sampai disini saja yaa Cara Menampilkan Widget Bawaan Blogger   semoga semua berjalan seperti yg kita harapkan.. Aamiin.


  1. Thanks telah mampir. Bila berkenan tolong komentarnya yaa... n bagikan dengan tombol share di atas.
  2. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik di sini

Sobat sedang membaca Cara Menampilkan Widget Bawaan Blogger. Bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, mohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:


9 komentar:

  1. Memang lebih ringan widget yg bawaan blogger tuh..

    BalasHapus
  2. Sudah saya coba ternyata Berhasil :D

    BalasHapus
  3. trik yang bermanfaat, terima kasih sharing gan

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  5. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi.

    BalasHapus
  6. Yeeeee....istirahat sebentar... mulai lagi baru bisa,
    template ketiga ngajak berdamai kayaknya...hehehe...
    makasi tutornya...salam blogger....

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  8. saya berhasil, tapi kenapa yah untuk paintres nya gak muncul .
    apa saya salah ya ?

    BalasHapus

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Kurupuk Seuhah ! Blogger