- See more at: http://www.bengkelblogger.net/2014/11/efek-zoom-gambar-pada-posting-blogspot.html#sthash.mSqzZPhs.dpuf

Kamis, 21 November 2013

Beberapa Manfaat Bangun Pagi


Bangun---bangun… Bila bisa bangun pagi, kenapa harus bangun siang.. ?. Kali ini Kerupuk akan berbagi info tentang Beberapa Manfaat Bangun Pagi yang pernah kerupuk baca dibeberapa blog tetangga

Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam Madarijus Salikin menyebutkan :
“Di antara tidur yang tidak disukai menurut mereka ialah tidur diantara shalat subuh dan terbit matahari, karena ini merupakan waktu untuk memperoleh hasil bagi perjalanan ruhani, pada saat itu terdapat keistimewaan besar, sehingga seadainya mereka melakukan perjalanan (kegiatan) semalam suntuk pun, belum tentu dapat menandinginya.”
Duduklah berzikir setelah subuh hingga matahari terbit adalah sunnah.
Dari Abu Umamah Ra dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang sholat subuh berjamaan kemudian duduk berzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari, kemudian berdiri sholat dua rakaat, maka ia memperoleh pahala haji dan umrah.”
Waktu ba’da subuh hingga terbit matahari adalah waktu pernuh barakah yang seharusnya benar-benar dipelihara oleh setiap mukmin.
Beberapa manfaat dari bangun pagi itu diantaranya ::
1. Agama Islam
Rasulullah bersabda “berpagi pagi itu barokah”. Sebab waktu itu jiwa, akal dan fisik kita belum letih. masih fresh, jadi sayang jika tidak digunakan sebaik baiknya. sebaik baik waktu bekerja adalah di waktu pagi ini. Rasulullah juga bersabda : “Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan” yg akibatnya akan menimbulkan kesulitan dan kesusahan.
2. Kesehatan
Menurut Dr. Muslim Nathin, bangun pagi juga dapat dapat mengurangi kecenderungan terserang panyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah.
Kita mendapat kesempatan untuk menikmati udara segar yang belum tersentuh polusi, dimana momentum tersebut sangatlah tepat untuk memasukan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru dengan aktifitas olahraga.
3. Sosiologi
Menjalin keakraban dengan tetangga yang sama-sama punya kebiasaan bangun pagi, ketika kita berolahraga atau ketika sholat subuh berjamaah di mesjid.
Bertemu/berkenalan dengan orang baru yang punya aktifitas/bekerja di pagi hari, biasanya orang2 yang berdagang di pasar atau orang-orang yang lagi kulakan di pasar
4. Menambah Kecerdasan
Rasulullah sejak 14 abad yang lalu dan sudah dibuktikan secara ilmiah. Rasulullah SAW dahulu selalu membangunkan sahabatnya untuk shalat Shubuh berjama’ah di masjid. Para sahabat berjalan kaki bersama-sama keluar dari rumah buat pergi ke masjid Nabawi untuk sahalat Shubuh. Penelitian Dr. Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al-Muslimun, menghasilkan sebuah temuan bahwa di waktu Shubuh, kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. Sementara, gas ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. Udah gitu kalau kamu menghirup nafas yang panjang di pagi hari, kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah, maka otak akan memperoleh darah kaya oksigen lebih cepat. Walhasil, otak juga lebih cepet nyambung kalau disuruh berfikir.
Di samping itu, penelitian menunjukkan, sesudah tidur malam yang baik, irama otak kita berfungsi sangat baik. Pemahaman, wawasan, dan penguasaan akan berbagai masalah yang berat dan rumit lebih sukses dihadapi pada pagi hari ketimbang pada jam-jam selanjutnya. Kenapa begitu? Karena tidur merupakan penyegaran otak yang paling alami. Setelah otak istirahat total di malam hari, pagi hari otak kamu sudah ready buat melakukan pekerjaan dan rutinitas kamu, termasuk belajar.
Pada pagi hari diproduksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan itu penting dalam memeperbaiki takaran, kualitas dan daya guna otak. Hormon tersebut meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak, yang membuat sel-sel syaraf dapat menjadikan apa yang dipelajari jadi permanen, kebanyakan hormon pertumbuhan diproduksi waktu tidur, yaitu tidur sebelum tengah malam yang nyaman. Ada lagi hormon lain yang sangat penting yaitu hormon Cortisol. Puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang Shubuh. Cortisol memainkan peran utama membantu kita menghadapi stressor (penyebab stress) pada pagi hari, mengurangi peradangan dan keletihan.
Berhati-hatilah dari terpaan rasa kantuk dan berusahalah tidak tidur pada ruas waktu setelah Subuh hingga terbitnya matahari. Para salafushalih sangat tidak menyukai tidur pada waktu itu.
Itulah Beberapa Manfaat Dari Bangun Pagi… Semoga bermanfaat..


  1. Thanks telah mampir. Bila berkenan tolong komentarnya yaa... n bagikan dengan tombol share di atas.
  2. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik di sini

Sobat sedang membaca Beberapa Manfaat Bangun Pagi. Bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, mohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:


10 komentar:

  1. bangun pagi itu sehat dan bikin kerjaan dapat selesai tepat waktu

    BalasHapus
  2. Thanks,bro
    boleh juga renungan diatas....keep bloging brow

    BalasHapus
  3. Titanium-Arts.com - Home of welding titanium for real
    In microtouch titanium trim reviews our home of welding titanium, titanium plate flat irons we offer home to your welding furnace from the largest welding materials titanium body armor ever assembled. Join us ford focus titanium today to titanium prices make $2.59 · ‎In stock

    BalasHapus

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Kurupuk Seuhah ! Blogger