- See more at: http://www.bengkelblogger.net/2014/11/efek-zoom-gambar-pada-posting-blogspot.html#sthash.mSqzZPhs.dpuf

Minggu, 25 Januari 2015

Aneka Ragam Khasiat Daun Sirih Merah


KerupukSirih Merah atau Piper Crocatum (latin) orang sunda  menyebutnya seureuh beureum adalah sejenis tanaman herbal merambat yang sejak ribuan tahun lalu nenek moyang kita sudah memanfaatkan Aneka Ragam Khasiat Daun Sirih Merah ini untuk  obat atau kesehatan  , kecantikan dll.

Banyak orang baik tetangga maupun orang lain selalu berpesan agar tumbuhan yang ada di depan rumah kerupuk seuhah ini jangan sampai di buang karena banyak yang membutuhkan katanya, dan kenyataannya  memang seperti itu.. banyak yang suka minta daun sirih merah ini bahkan secara rutin dan kami memang membebaskan siapapun untuk mengambilnya kapan saja.. jika dibutuhkan.

Daun Sirih Merah

Berdasarkan hasil uji laboratorium, daun sirih merah itu ternyata  mengandung berbagai macam Zat-zat kimia yang bermanfaat. Adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini yaitu : allylprokatekol, alkaloid, kandungan cineole, kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, minyak astsiri dan masih banyak kandungan dari daun sirih merah lainnya yang bermanfaat

Daun Sirih Merah

Dari referensi yang saya ambil dari berbagai sumber,, kira-kira inilah Aneka Ragam Khasiat Daun Sirih Merah

  1. Mengobati Diabetes Mellitus (Kencing Manis).
    3 lembar daun sirih merah setengah tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa ½ gelas. Kemudian, minum ramuan sehari tiga kali sebelum makan. Sekali minum ½ gelas.
  2. Mengobati Radang Prostat.
    Ambil 6 lembar daun sirih merah yang masih muda (bagian pucuk). Cuci bersih lalu iris kecil-kecil, kemudian rebus dengan air 2 gelas (400 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuannya sekaligus setelah dingin (bisa ditambahkan madu murni sebanyak 2 sendok teh) dua kali sehari.
  3. Mengobati Wasir
    7 lembar daun sirih , cuci bersih dan diiris kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah disaring & dingin diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.
  4. Mengobati Jantung Koroner.
    Daun sirih merah ukuran sedang 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, lalu rebus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas dan disaring. Terakhir, minum ramuan selagi hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.
  5. Mengobati TBC.
    Siapkan 6 lembar daun sirih yang sudah tua berukuran sedang atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar. Cuci bersih dan dibilas hingga 3 kali, kemudian iris kecil-kecil dan rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan minum selagi hangat 3 x perhari. Sekali minum sebayak ½ gelas. Untuk menghindari rasa yang terlalu pahit bisa ditambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis.
  6. Mengobati Asam Urat
    7 lembar daun sirih merah ukuran sedang beserta batangnya sepanjang 15 cm. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil dan direbus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 2 gelas. Kemudian, saring dan minum selagi hangat 2x sehari. Sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni & perasan jeruk nipis. Sisanya bisa diminum pada hari berikutnya setelah dipanaskan lebih dahulu.
  7. Mengobati Kangker Payudara dan Rahim
    6 lembar daun sirih ukuran besar beserta batangnya sepanjang 15 cm (usahakan memilih daun sirih merah yang bagian bawahnya berwarna merah merata & segar). Daun dan batangnya dicuci hingga bersih, direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum  selagi hangat dua kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.
  8. Mengobati Penyakit Ginjal.
    Petik 8 lembar daun sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk). Cuci bersih, iris kecil-kecil, lalu rebus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan endapkan ramuan terlebih dahulu. Setelah dingin ramuan diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas dan bisa ditambahkan dengan madu murni 2 sendok teh.
  9. Mengobati Hepatitis atau Radang Liver.
    Ambil 6 lembar daun sirih merah tua berukuran besar lalu cuci dengan air mengalir secara berulang-ulang. Kemudian, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas (800 ml) air sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, minum ramuan tiga kali sehari dengan takaran ½ gelas. Lebih baik jika ditambahkan madu 3 sendok teh setiap kali minum.

Selain yang diatas masih ada manfaat lain dari Daun Sirih Merah  sbb.:

  1. Mengatasi Keputihan
    Seduh 10 helai daun sirih merah lalu cuci dengan 3 liter air. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan vagina 
  2. Mengatasi luka bakar :
    Cuci sejumput daun sirih merah lalu peras airnya, kemudian beri sedikit madu. Setelah itu tempelkan di tempat terjadinya luka bakar.
  3. Radang tenggorokan
    4 lembar daun sirih segar dan sudah dicuci bersih, remas lalu rebus hingga mendidih, minum air rebusan setelah dingin.
  4. Menghentikan mimisan :
    sediakan satu helai daun sirih merah yang masih muda, kemudian gulung. Setelah taruh di lubang hidung yang mengeluarkan darah. 
  5. Mengatasi maag :
    Sejumlah daun sirih merah,cuci bersih lalu giling sampai halus dan lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari. 
  6. Mengatasi gatal-gatal :
    Ambil 20 helai daun siri merah, masak dengan air mendidih. Lalu gunakan untuk mandi saat masih hangat.
  7. Sakit mata/mata gatal
    Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air hingga mendidih, angat dan biarkan dingin, gunakan air rebusan untuk mencuci mata, lakukan tiga kali sehari hingga sembuh.
  8. Menghilangkan mata merah : 
    5 atau 6 helai daun yang masih muda, masak dengan air panas, kemudian tunggu sampai air dingin, kemudian basuhkan ke mata yang sakit. Lakukan tiga kali sehari sampai mata sembuh.
  9. Sakit gigi karena berlubang
    2 lembar daun sirih, remas lalu masukkan ke dalam gelas, tuangkan air panas campurkan garam dapur secukupnya, aduk-aduk hingga garam dapur larut, tutup rapat beberapa saat hingga air menjadi dingin. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur, ulangi beberapa kali.
  10. Gusi bengkak
    Beberapa lembar daun sirih segar dicuci bersih, tambahkan air secukupnya, dan rebus sampai mendidih, tambahkan sedikit garam. Gunakan air rebusan untuk kumur-kumur saat masih hangat.
  11. Mencegah gusi berdarah :
    Panaskan empat helai daun siri merah di dua gelas air. Setelah agak dingin gunakan untuk berkumur. 
  12. Mencegah sariawan : 
    1-2 lembar daun dan kemudian cuci. Kunyah sampai hancur dan kemudian buang saat sudah terasa cukup. 
  13. Untuk Mengobati batuk : 
    15 lembar daun sirih lalu cuci dan rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai tinggal seperempatnya. Kemudian minum dengan madu. Bisa juga campur cengkeh, kemukus , kapulaga dan kayu manis.
  14. Mengurangi Bau Mulut:
    Siapkan dua atau empat helai daun, cuci dan peras. Seduh dengan air panas lalu minum
  15. Bronkitis :
    7 lembar daun sirih merah yang telah dicuci dimasak bersama gula di dua gelas air. Tunggu hingga jadi satu gelas. Dan kemudian minum tiga gelas setiap hari. 
  16. Mengurangi bau badan :
    5 lembar daun sirih dimasak di dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas lalu minum di siang hari.  
  17. Mengurangi jerawat :
    7-10 lembar daun, cuci dan haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan airnya untuk membasuh wajah. Lakukan 2-4 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik 
  18. Mengatasi payudara bengkak karena memberi ASI 
    beberapa lembar, cuci dan oleskan sedikit minyak kelapa. Setelah panaskan sebentar di atas api sampai daun kisut. Taruh dipayudara saat masih sedikit hangat
  19. Eksim
    Ambillah daun sirih segar segenggam penuh, daun cabe segar segenggam penuh, dan isi biji pinang muda dua butir, lalu cuci bersih, tumbuk semua bahan sampai halus, lalu bungkus dengan kain bersih, ikat kuat, rebus sampai benar-benar mendidih. Lalu angkat dan tunggu menjadi hangat-hangat kuku, ambillah kapas, celupkan ke dalam air godokan dan oleskan dan aga sedikit ditekan- tekan ke tempat yang eksim. lakukan cara ini dengan rutin.
  20. Menghambat pertumbuhan sel Kanker
    Daun sirih merah mengandung Senyawa alkoloid, yang  memiliki fungsi yang sama dengan senyawa flavonoid dan polifenol . Yaitu juga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia .

Demikian Aneka Ragam Khasiat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan dan lain-lain yang saya ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat . Nantikan juga posting selanjutnya tentang manfaat dari daun ajaib Binahong untuk kesehatan manusia.  Happy Blogging.. sambil berseuhah ria…

Binahong


  1. Thanks telah mampir. Bila berkenan tolong komentarnya yaa... n bagikan dengan tombol share di atas.
  2. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik di sini

Sobat sedang membaca Aneka Ragam Khasiat Daun Sirih Merah. Bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, mohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:


16 komentar:

  1. Dimana mba, saya boleh minta alamatnya gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jl. Anggrek Raya No. 4 Ciporang - Kuningan teh Ria..

      Hapus
  2. wah mimin g bisa main ginian uyhhh hehe

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  4. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    BalasHapus
  5. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  7. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    BalasHapus
  8. Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

    BalasHapus
  9. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    BalasHapus
  10. besok sudah datang Idul Adha yang kita tunggu ya gan?? Semoga anda yang beragama islam menjalankan Puasa Arafah hari ini, keep posting, thanks. Salam.

    BalasHapus
  11. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    BalasHapus
  12. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  13. daun sirih memang banyak manfaatnya

    BalasHapus

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Kurupuk Seuhah ! Blogger